Mengatasi rasa capek atau lelah – Kebanyakan orang tua mengalami, pada suatu saat, kelelahan. Tetapi kebanyakan masalah dengan kelelahan bukanlah kelemahan fisik; mereka terkait dengan kegagalan untuk berolahraga, depresi, ketidakbahagiaan, kekhawatiran, atau kebosanan. Kelemahan sejati, seperti ketidakmampuan menggerakkan lengan atau kaki, adalah masalah fisik yang melibatkan saraf, otak, atau otot, dan membutuhkan perhatian medis segera. Kelelahan atau kelelahan jauh lebih umum daripada kelemahan sejati.

Penyebab umum lain dari kelelahan adalah penggunaan obat yang berlebihan secara berlebihan. Misalnya, asupan kafein berlebih yang menyebabkan kebiasaan tidur yang buruk dapat menyebabkan kelelahan di siang hari. Atau obat penenang bisa membuat Anda merasa lelah atau mengantuk. Setelah siklus tidur normal terganggu, ada kecenderungan untuk tidur siang. Maka tidur malam berikutnya tidak baik karena tidur siang mengurangi kebutuhan untuk tidur di malam hari. Sebuah lingkaran setan telah digerakkan.

Anda mungkin berasumsi dari diskusi ini bahwa sebagian besar kelelahan tidak serius. Itu betul. Bahkan ketika radang sendi dikaitkan, sebagian besar kelelahan timbul dari kesalahpahaman tubuh Anda. Membangun kembali pola kegiatan yang sehat, penggunaan obat yang lebih moderat, dan tidur malam yang baik akan membuat keajaiban.

Tetapi jika Anda memiliki radang sendi, seperti rheumatoid arthritis atau lupus, penyakit ini mungkin menyebabkan kelelahan. Ini adalah jenis kelelahan yang lebih serius, dan memperbaiki pola hidup Anda tidak akan banyak membantu. Dalam kasus seperti itu laju sedimentasi meningkat dan mungkin ada demam ringan. Tes hematokrit dapat menunjukkan anemia penyakit kronis. Mungkin ada beberapa penurunan berat badan. Pengobatan dalam kasus ini diarahkan pada penyakit yang menyebabkan kelelahan dan mungkin memerlukan waktu.

Ketika Anda menyebutkan kelelahan, kebanyakan orang bahkan tidak memikirkan masalah yang baru saja dijelaskan. Sebaliknya mereka memikirkan masalah dengan tiroid atau anemia. Ini sangat tidak biasa sebagai penyebab kelelahan sehingga Anda hampir bisa melupakannya. Tetapi jika kelelahan Anda terus berlanjut, selama lebih dari enam minggu meskipun dirawat di rumah, dokter Anda mungkin ingin memeriksa ini dan kemungkinan lain atau mungkin dapat meyakinkan Anda bahwa masalah ini tidak ada.

Sindrom kelelahan kronis adalah masalah yang tidak biasa dan mengganggu yang memerlukan konsultasi dengan dokter. Sindrom ini berlangsung lama, tidak memiliki perawatan yang benar-benar baik, dapat mengikuti infeksi virus, dan seringkali termasuk komponen emosional, kadang-kadang diperparah oleh kelelahan.

Kelelahan bukanlah gejala usia tua. Faktanya, seiring bertambahnya usia, Anda membutuhkan lebih sedikit tidur dan cenderung lebih waspada, terutama di awal hari. Jadi perhatikan gejala ini.

Dengarkan pesan kelelahan dari tubuh Anda
Heed it, tapi jangan menyerah. Beristirahatlah jika Anda lelah, tetapi gantilah periode tersebut dengan waktu aktivitas. Keletihan, karena dapat menyebabkan fisik de-conditioning, bisa menjadi penyebab tersendiri.

Kurangi semua obat yang mungkin termasuk kafein, nikotin, alkohol, obat penenang, dan mungkin televisi. Bahan dalam pilek biasa atau alergi dapat menyebabkan kelelahan, seperti halnya Valium dan kodein. Dugaan semua obat.

Tingkatkan aktivitas baru
Teman, hobi, bepergian, liburan, dan bahkan berbelanja cenderung memutus siklus keletihan. Tingkatkan tingkat aktivitas Anda dengan menambahkan latihan yang halus, bertingkat, dan mudah. Latihan membantu Anda terlibat dalam hal-hal baru dan berbeda serta memberikan bantuan fisik dengan meningkatkan stamina Anda.

Harapkan atau memperjuangkan diri untuk memperbaikan akan lambat dan berharap untuk berkecil hati pada waktu-waktu tertentu.